cover
Contact Name
Nurlina Ariani Hrp
Contact Email
nurlinaariani@yahoo.com
Phone
+6281362067516
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Sisingamangaraja No. 126A km.3,5 Aek Tapa Rantauprapat Kab. Labuhanbatu, Sumatera Utara
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
ISSN : 2460593X     EISSN : 26855585     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu pendidikan dan pembelajaran serta matematika umumnya. JPMS adalah publikasi interdisipliner tentang penelitian dan penulisan asli tentang pendidikan yang menerbitkan karya ilmiah ke khalayak nasional peneliti pendidikan, pembelajaran dan matematika.JPMS diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu pendidikan dan pembelajaran serta matematika umumnya. JPMS adalah publikasi interdisipliner tentang penelitian dan penulisan asli tentang pendidikan yang menerbitkan karya ilmiah ke khalayak nasional peneliti pendidikan, pembelajaran dan matematika.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2018)" : 6 Documents clear
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 NA.IX-X Sumberjo Sucen Mentari
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v4i1.1249

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Na. IX-X Sumberjo.. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII3 yang berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dengan tipe uraian sebanyak 5 soal. Nilai siswa sebelum di beri perlakuan dengan Nilai Tertinggi 50, Nilai Terendah 24 dengan rataan 39. 35 dan standar deviasinya 6.424. Sedangkan setelah di beri perlakuan mengunakan model pembelajaran problem posing terdapat peninggkatan yaitu Nilai Tertinggi 55, Nilai Terendah 36 dengan rataan 57,21 dan standar deviasinya 8.534 Secara umum siswa kelas VIII3 setelah diberi perlakuan mengalami peningkatan, berdasarkan analisis data tersebut diperoleh nilai thitung
Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Reciprocal Teaching di Kelas XI SMA Negeri 1 Silangkitang Eka Yunita
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v4i1.1250

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa memalui model pemelajaran Reciprocal Teaching di kelas XI SMA Negeri 1 Silangkitang Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Silangkitang yang terdiri dari 5
Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah-10 Rantauprapat Jayanti Ratnasari; Irmayanti Irmayanti; Eva Julyanti
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v4i1.1251

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1)untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas XI SMA Muhammadiyah-10 Rantauprapat, (2)untuk mengetahui proses jawaban siswa dengan metode problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI SMA Muhammadiyah-10 Rantauprapat. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 10 Rantauprapat yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah seluruh populasi adalah 49 siswa. Sampel penelitian diambil kelas XI-IPA yang berjumlah 28 siswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling (sampling pertimbangan). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam bentuk essay sebanyak 4 soal. Data rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 33,5 dengan kriteria sedang dan memiliki standart deviasi sebesar 4,0778. Setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan metode problem solving diperoleh rata-rata post-test pada kelas eksperimen sebesar 41,60 dengan kriteria tinggi dan memiliki standart deviasi sebesar 3,235. Pada hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh -ttabel ≥ thitung ≤ ttabel yaitu -2,0518 > -16,492 < 2,0518 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 27. Dengan demikian Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika yang menggunakan metode pembelajaran Problem solving di kelas eksperimen yang signifikan antara pre-test maupun post-test. Berdasarkan proses jawaban siswa diperoleh skor terendah pre-test adalah 7 dan skor tertinggi pre-test adalah 10. Setelah diberikan perlakuan metode pembelajaran problem solving diperoleh skor terendah post-test adalah 8 dan skor tertinggi post-test adalah 13.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII SMP Negeri Rantau Selatan Lili Rohanita Hasibuan
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v4i1.1252

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Efficacy Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Open-Ended Laili Habibah Pasaribu
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v4i1.1253

Abstract

Kegiatan penelitian ini difokuskan pada peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan Self-Efficacy matematis siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan Open Ended di MTs Negeri Rantauprapat. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri Rantauprapat. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekivalen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VIII melalui teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan awal matematika, tes kemampuan berpikir kreatif, dan angket Self-Efficacy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar menggunakan pembelajaran matematika dengan pendekatan Open-Ended lebih baik daripada yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (2) peningkatan Self Efficacy siswa yang diajar menggunakan pembelajaran matematika dengan pendekatan Open-Ended lebih baik daripada yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (3) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa, dan (4) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan Self Efficacy siswa. Berdasarkan temuan penelitian pendekatan Open-Ended dapat direkomendasikan menjadi salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan di sekolah utamanya untuk mencapai kompetensi berpikir kreatif dan Self Efficacy.
Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Metode Behavior Modification dan Metode Guided Discovery pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri I Merbau Indah Fitria Rahma; Nurlina Ariani Hrp; Rohani Rohani
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v4i1.1433

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah perbedaan hasil belajar matematika siswa yang di ajar dengan metode behavior modification dan guided discovery pada bahasan kubus dan balok dikelas VIII SMP Negeri 1 Marbau. Tempat penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Marbau Kabupaten Labuhanbatu. Dalam penelitian ini populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Marbau tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 230 dan dibagi menjadi 6 kelas yang dibagi tidak berdasarkan tingkat kemampuan siswa artinya siswa disebar secara merata. Metode yang digunakan adalah metode kuasi (semu) sebab kondisi-kondisi siswa tidak dapat dikontrol secara keseluruhan, seperti : pengerjaan rumah, hubungan siswa dengan orang tua, hubungan siswa dengan lingkungan tempat tinggal, dimana penelitian dilaksanakan pada 2 kelas yaitu kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2. Dari hasil perhitungan pengujian hipotesis tes, kriteria pengujian adalah thitung > t(1-  α) dari perhitungan diatas diperoleh thitung =2,37 dan ttabel = 1,997 artinya bahwa H0 ditolak Ha diterima. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan metode behavior modification dengan metode guided discovery pada pokok bahasan kubus dan balok dikelas VIII SMP Negeri 1 Marbau tahun ajaran 2014/2015. Kesulitan belajar matematika yang masih dialami siswa dalam pembelajaran metode behavior modification dalam mempelajari pokok bahasan kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Marbau yaitu siswa kesulitan dalam memahami soal dan siswa kesulitan menyatakan soal dalam bentuk matematika

Page 1 of 1 | Total Record : 6